Ternak Ikan Cupang Bisnis Sampingan yang Menjanjikan

Halo sobat semua, ketemu lagi dengan saya. Kali ini kita akan membahas soal bagaimana membudidayakan ikan cupang. Untuk membudidayakan ikan cupang tidaklah sulit. Bisa dibilang mudah sekali dengan modal yang sedikit pula. 

Maka dari itu usaha budidaya ikan cupang sangat diminati oleh penggemar ikan sekaligus pebisnis ikan. Tapi banyak juga peminat pembudidaya ikan cupang namun kurang paham cara pembudidayaan atau pembibitan ikan cupang.

Beragam ikan cupang
Ikan cupang


Karena itu saya coba membantu para pecinta ikan cupang khususnya pembibit ikan cupang mengenai cara mudah bubidaya ikan cupang.
Untuk budidaya ikan cupang membutuhkan 5 meter persegi bisa juga menyiapkan ember atau baskom atau toples. Dan bisa anda lakukan dengan di taruk di atas dek rumah dan dipekarangan yang relatif sempit, dengan menggunakan wadah bekas ataupun kolam bak semen atau akuarium.

Ikan ini relatif mudah dipelihara dan dibudidayakan, karena tidak memerlukan pakan khusus. Pakan ikan untuk benih biasanya digunakan pakan alami berupa kutu air atau daphnia sp yang dapat ditemukan di selokan yang airnya tergenang. Untuk induk cupang digunakan pakan dari jentik-jentik nyamuk (cuk).

Untuk pertumbuhan anak ikan bisa diberi kutu air dan diselingi dengan cacing rambut, akan lebih mempercepat pertumbuhan anak ikan.

Untuk budidaya pertama kita harus menyiapkan wadah

Pada umumnya wadah pemeliharaannya adalah bak semen atau akuarium atau ember yang ukurannya tidak perlu besar yaitu cukup 1 x 2 m atau akuarium 100 x 40 x 50 cm, sedang wadah perkawinannya lebih kecil dari wadah pembesaran, yang bisa digunakan antara lain adalah baskom, akuarium kecil atau ember dapat dipakai untuk memijahkan ikan.

Ciri-ciri Khusus
Ciri-ciri khas yang dimiliki oleh ikan cupang hias jantan adalah selain warnanya yang indah, siripnya pun panjang dan menyerupai sisir serit, sehingga sering disebut cupang serit. Sedangkan ikan betina warnanya tidak menarik (kusam) dan bentuk siripnya lebih pendek dari ikan jantan.


Ciri Ikan Jantan untuk Dipijahkan
Umur ± 4 bulan
Bentuk badan dan siripnya panjang dan berwarna indah
Gerakannya agresif dan lincah
Kondisi badan sehat (tidak terjangkit penyakit)

Ciri Ikan betina untuk Dipijahkan
Umur telah mencapai +- 4 bulan
Bentuk badan membulat menandakan siap kawin
Gerakannya lambat
Sirip pendek dan warnanya tidak menarik
Kondisi badan sehat


Pemijahan dan Perawatan Ikan Cupang
Masukan jantan ke wadah perkembangbiakan (betina jangan dimasukan (digabung)) langsung, biarkan betina dan jantan saling mengenal dan melihat terlebih dahulu. Gunanya agar si jantan menyiapkan busa yang cukup untuk menampung telur2nya.
  
Berikan penutup pada bagian atas wadah pemijahan, hal ini untuk mencegah busa terkena getaran dan angin yang menyebabkan tempat peletakan telur Cupang menjadi tidak ada !

Sampai pada tahap ini, Anda tunggu 1-2 hari sampai sudah terlihat kumpulan busa yg cukup untuk menampung telur (tergantung pejantannya)

Perhatikan busa nya, apabila busa sudah banyak, berarti sudah siap kimpoi (proses perkawinan).

Angkat betina nya, dan gabungkan dengan pejantan (hati2 pada waktu mengangkat toples dari wadah, pelan2 supaya busa tidak terlalu banyak yang pecah)
  
Biarkan sekitar 1 jam - 12 jam pejantan dan betinanya saling mengenal, tergantung kecocokan dari pasangannya.
  
Umumnya : kerusakan sirip dari betina biasa terjadi pada saat ini

Proses perkawaninan ikan cupang.
Pejantan melilit tubuh betina, dan masing-masing akan saling melengkungkan tubuhnya. Ketika selesai betina akan mengeluarkan telur, pejantan akan langsung mengambil telur-telur tersebut dengan cara meletakan di dalam mulutnya, dan dibawa naik lalu telur-telur tersebut dimuntahkan ke busa-busa diatas.

Perhatikan telurnya, biasanya di bawah busa dan berwarna putih, kalau tidak yakin, gunakanlah flashlight (senter).

Pejantan akan menjaga telurnya, dan akan mengangkut telur yang jatuh dan pada saat ini biasanya betina akan pergi menjauh

Apabila Cupang sudah tidak melakukan proses perkawinan lagi dan Sang Cupang Jantan sudah cenderung mengejar-ngejar betina untuk dihantam.

SEGERA PINDAHKAN BETINA KE WADAH LAIN !

Siapkan wadah untuk mengembalikan betina, isi dengan daun ketapang atau cairan kuning penyembuh luka (biasanya melafix)

Telur cupang akan menetas dalam waktu 36 jam sampai 48 jam. Telur mulai pecah dan akan menghasilkan burayak-burayak yang baru berumur 1 hari.

JANGAN ANGKAT PEJANTANNYA PADA SAAT INI. 
Pada hari ini burayak belum dapat berenang secara bebas, malah terkadang sering sekali terjatuh ke dasar permukaan dan tidak bisa mengambil udara di atas, disini lah guna sang bapak, pejantan akan membantu burayak utk naik ke atas.

Di sini burayak hanya terlihat seperti titik hitam kecil yg gaya berenangnnya hanya naik dan turun. setelah lebih dari tiga hari menetas, biasanya bayi cupang akan mencari makan. ini bisa dilihat ketika kita menjatuhkan sesuatu yg halus ke wadah ikan, Burayak Cupang itu akan mematuknya, mereka mengetes apakah yg baru masuk itu bisa dimakan atau tidak. Makanan yg paling baik untuk Burayak Cupang adalah bayi kutu air, baby brine shrimp (Artemia), atau Microworm. 

Burayak sudah dapat berenang bebas, tetap jangan angkat pejantannya hingga burayak berumur 3 hari. Setelah burayak berumur 3 hari, Anda bisa memindahkan sang Induk Jantan ke wadah lainnya. Hal ini ditujukan untuk mencegah Induk Jantan memakan burayaknya.


Pembesaran Anak Ikan Cupang
Ketika burayak ikan cupang sudah dapat brenang dan sudah habis kuning telurnya, sudah harus disiapkan media yang lebih besar untuk tempat pembesaran.
Pindahkan anakan bersama induk jantannya.
Kemudian benih ikan diberi makanan kutu air dan wadah ditutup.
Sepuluh hari kemudian anak ikan dipindahkan ke tempat lain.
Dan selanjutnya setiap satu minggu, ikan dipindahkan ke tempat lain untuk lebih cepat tumbuh.

Pasca panen yaitu setelah ikan cupang hias mencapai 1 bulan sudah dapat dilakukan pemanenan sekaligus dapat diseleksi atau dipilih. Ikan yang berkwalitas baik dan cupang hasil seleksi dipisahkan dengan ditempatkan ke dalam botol-botol tersendiri agar dapat berkembang dengan baik serta menghindari perkelahian. Setelah usia 1,5 sampai 2 bulan cupang hias mulai terlihat keindahannya dan dapat dipasarkan. Nah gampang bukan. Budidaya ikan cupang ini bisa menjadi tambahan penghasilan anda loh. (syaf

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternak Ikan Cupang Bisnis Sampingan yang Menjanjikan"

Post a Comment