Harga Cabai dan Tomat di Pasaran Naik, si Ibu Pasti Pusing Mengelola Uang Belanja

Ayo Segera Bercocok Tanam Sayuran Organik,
Nggak Perlu Lahan Yang Luas Kok untuk Memulainya

Tokobangudin.blogspot.co.id- Halo sobat ketemu lagi dengan saya tokobangudin.blogspot.co.id. Saat ini di pasara harga sayuran kadang sering tak stabil. Terkadang harganya naik, terkadang turun. Khususnya untuk cabai, tobat hargaanya bahkan kadang sangat luar biasa melonjak.

bercocok tanam sayuran organik
Bercocok tanam sayuran organik di kebun yang minim 


Kondisi ini membuat para ibu rumah tangga sering mengeluh dalam mengelola uang belanja yang hanya pas-pasan.

Nah kali ini saya akan mencoba memberi solusi buat anda bagaimana mengatasi masalah pasokan sayur untuk rumah tangga anda. Jangan salah, anda juga bisa memanfaatkan sayur yang anda tanam untuk menambah penghasilan loh.

Cara menanam sayuran organik di rumah sendiri baik di halaman atau pekarangan perlu untuk diketahui, dipraktikkan dan dikembangkan sebagai tips cerdas bunda sebagai pengelola pengeluaran keluarga. Perlu dipahami merawat tanaman jenis sayuran itu mudah apabila Anda telaten dalam menjalankan tips yang saya berikan.

Tanam-menanam sayuran organik di pekarangan rumah bisa menjadi hobi baru bagi bunda dengan manfaat keluarga semakin sehat dan hemat dalam pengeluaran. Ada banyak sayuran yang bisa ditanam pada taman rumah atau pot sehingga tidak perlu membayangkan Anda memerlukan lahan sawah yang besar.

1. Cara Memperoleh Bibit Sayuran Organik
Anda tidak perlu beli bibit sayuran organik di petani karena bisa mendapatkan dari sisa sayuran di daput atau menumbuhkan benih dari biji. Beberapa sayuran yang bisa ditanam dengan cara mengambil sisa batangnya yaitu kankung, sawi, ketela pohon, bayam, dan lainnya. 

Sedangkan sayuran yang diperoleh dengan mengambil bijinya ialah tomat, mentimun, jagung, dan lainnya. Ambil beberapa buah tomat dan mentimun yang sudah tua ketika dibeli kemudian ambil bijinya dan rendam dalam air, jika biji tenggelam maka bisa digunakan untuk benih dan jika terapung tidak bisa. Selanjutnya keringkan biji buah tomat dan mentimun di terik matahari. 

2. Memupuk Sayuran Organik Kami blog tips rumah sarankan supaya Anda menggunakan pupuk kandang yang terbuat dari kotoran hewan yang sudah matang atau didiamkan lama sampai warnanya menghitam dan tidak berbau. Ingat ketika mengambilnya harus menggunakan sepatu dan sarung tangan karena ditakutkan ada cacing pita dan sejenisnya membahayakan kesehatan.

Anda bisa mengolah pupuk kandang menjadi pupuk kompos dengan mencampurnya dengan dedaunan ditambah dengan zat pengurai semisal ragi. Diamkan dalam keadaan tertutup namun ada lubang sedikit, ambil pupuk kompos ketika sudah benar-benar jadi.


3. Tips Menanam Sayuran Organik Di Lahan Sendiri Menanam biji untuk benih sayuran semisal tomat, sawi, mentimu dan lainnya maka Anda cukup mudah dengan membuat lubang di tanah sedalam 2-4 centimeter kemudian masukkan pupuk kandang atau pupuk kompos, dilanjutkan dengan menaruh biji dan timbun dengan tanah.

Lanjutkan cara menanam sayuran organik di halaman rumah dengan menyiram bibit yang telah ditanam dengan air sedikit, jangan sampai terlalu basah. Apabila musim hujan maka cukup biarkan terkena guyuran air hujan sampai terlihat benih tumbuh dalam waktu 3 hari atau lebih.

4. Memanen Sayuran Organik

Cara menanam sayuran organik di rumah yang terakhir ialah dengan memanen hasilnya dengan baik. Apabila sayuran yang dipanen itu hanya daunnya, sebaiknya Anda mengambil daun yang berada di bawah dan masih muda, jangan diambil atau dipotong ujung tunasnya karena memendekkan umur sayuran semisal sawi, ketela pohon, dan lainnya. Tunggu sayuran ini sampai muncul bunga untuk diambil benihnya.

Apabila sayuran organik yang dipanen itu adalah buahnya maka ambil buah yang matang saja, dan anda bisa membuat bibit baru dengan buah yang sudah sangat matang dengan teknik pada cara yang kami jelaskan di atas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. (syaf)








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Harga Cabai dan Tomat di Pasaran Naik, si Ibu Pasti Pusing Mengelola Uang Belanja"

Post a Comment