6 Cara Berbisnis Tanpa Mengeluarkan Modal, Kok Bisa?



Tokobangudin.blogspot.com-Halo sobat semua, apa kabarnya. Sobat pasti setuju jika dalam menjalankan dunia usaha pasti memerlukan modal yang cukup besar. Baik itu untuk berjualan, membuat perusahaan atau lainnya.

Kerajinan tanganku
Kerajinan tangan sepedamotor  yang kubuat dari kaleng bekas minuman

Namun tahukah sobat bahwa ada bisnis yang bisa dijalankan dengan modal kecil namun menguntungkan.
Ya, kali ini saya akan membahas tentang sukses menjalankan bisnis ternyata tidak harus dimulai dengan menggelontorkan modal dalam jumlah besar. Nyatanya, banyak peluang usaha yang bisa dimulai dengan memanfaatkan kemampuan dan sumber daya yang ada.

Tak menutup kemungkinan, memulai bisnis dengan hal kecil bisa membuat Anda sukses besar. Apa saja peluang bisnis yang bisa Anda coba? Berikut ulasannya:

1. Kerajinan Tangan
Salah satu bisnis yang bisa dimulai tanpa harus mendapat modal yang besar adalah kerajinan tangan. Anda cukup memanfaatkan kreativitas Anda untuk merubah sebuah barang menjadi kreasi seni bernilai tinggi. Seperti membuat kerajinan tangan dari kaleng minuman bekas yang dibuat sebagai miniatur.

2. Jasa rumahan
Bentuk dari menawarkan jasa rumahan ini berbagai macam. Anda bisa menjadi seorang baby sitter panggilan, pengasuh hewan peliharaan atau bahkan membantu pekerjaan rumah tetangga. Semua bisa dicoba tergantung kesiapan yang Anda punya.

kerajinan tangan becak jadul
Kerajinan tangan becak jadul dari kaleng bekas yang berhasil kubuat.


3. Bisnis Online
Jika Anda memiliki ketertarikan di dunia online, tak ada salahnya untuk memanfaatkan hal ini sebagai ladang bisnis. Salah satu caranya adalah membuat blog.

Blog tersebut bisa berisi hal apapun yang Anda kuasai. Jika blog Anda memiliki traffic pengunjung yang tinggi, besar kemungkinan ia menjadi sumber penghasilan Anda.

4. Menjadi konsultan
Pilihan lain yang bisa Anda pakai untuk memulai berbisnis tanpa modal adalah menjadi seorang konsultan. Anda bisa memanfaatkan latar belakang pendidikan dan kemampuan yang dimiliki untuk menawarkan jasa seorang konsultan.



Miniantur vespa kerajinan tangan dari kaleng bekas hasil buatan ku sendiri

5. Menjadi reseller
Banyak toko ritel dan perseorangan yang mengadopsi hal ini. Menjadi reseller berarti Anda menjual barang yang diproduksi oleh orang lain. Dengan menjual ini, Anda bisa mendapat untung dari barang yang Anda jual.

6. Sharing economy
Bentuk bisnis jenis ini sedang populer di kalangan masyarakat. Sharing economy merupakan konsep bisnis yang memberikan akses terhadap sumber daya yang dimiliki perseorangan. Contoh penerapannya adalah dengan memanfaatkan mobil atau sepedamotor untuk menjadi supir Uber. Semoga tulisan ini bermanfaat buat anda. (syaf)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Cara Berbisnis Tanpa Mengeluarkan Modal, Kok Bisa?"

Post a Comment