Cara Menanam Semangka di Pot Bunga

Selain untuk Dikonsumsi Sendiri, juga Bisa jadi Tambahan Penghasilan


Menanam semangka di pot bunga
Menanam semangka di pot bunga

Tokobangudin.blogdpot.com- Halo sobat semua. Ketemu lagi dengan saya. Sobat pasti tahu dong dengan buah yang memiliki kulit hijau isi nya merah atau kuning. 

Ya yang saya maksud adalah buah semangka. Buah kaya air berwarna merah ini sangt favorit di bulan ramadhan/puas. Buah yang menyegarkan dan kaya vitamin itu sering digunakan sebagai pencuci mulut setelah makan. 

Tapi sobat tahu gak, terntata semangka bisa di tanam di polibag atau pot bunga loh. Gak percaya ini saya kadi tahu caranya ya. 

Cara menanam semangka tidak terlalu sulit. Asalkan Anda tekun, bukan tidak mungkin tanaman semangka akan berbuah melimpah. Tanaman semangka merupakan salah satu tanaman yang populer. Sudah banyak orang di dunia yang membudidayakan buah berair ini. Nah, bagi Anda para pemula ada cara budidaya yang mudah.

Dengan menanam tanaman dalam media ini akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan perawatan, pengawasan, dan pengontrolan. 

Keuntungan lain media pot atau polybag tidak terlalu makan tempat. Sangat pas Anda letakkan di halaman belakang rumah, teras depan, bahkan di gudang yang tidak terpakai. Langsung saja kita simak cara membudidayakan semangka dengan pot atau polybag.


Penentuan Media Tanam
Langkah pertama dalam menanam semangka yakni pemilihan lahan yang dijadikan sebagai media tanam. 

Memang kali ini kita memakai media pot atau polybag, tapi tanah yang akan digunakan perlu pengolahan juga. 

Semangka dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi berkisar 0-1000 MDPL. Tanah untuk menanam semangka harus kaya unsur hara dengan pH netral sekitar 5-7. Jika tanah terlalu asam, Anda bisa menetralkan dengan penambahan kapur doloit dengan takaran 1 ton/hektar lahan.

Setelah kadar asam pas lakukan penggemburan tanah. Jangan lupa campurkan dengan sedikit pupuk kompos  atau pupuk kandang. Lalu diamkan tanah selama beberapa minggu sebelum tanam. 

Kemudian, lakukan pemasukan media tanam dengan ukuran menyesuaikan. Masukan tanah hingga penuh dengan hati-hati tanpa merusak pot atau polybag. Lakukan penyiraman hingga lembab dan siap untuk ditanami.



Pemilihan Bibit
Pemilihan bibit sangat penting dilakukan, karena bibit menjadi penentu hasil panen Anda kelak. Benih atau biji dipilih berdasarkan keinginan Anda, misalnya varietas semangka tanpa biji. Anda dapat langsung membeli biji di toko pertanian. 

Ciri biji yang baik adalah berwarna hitam atau kecoklatan, mengkilat, tidak terserang hama, dan berbentuk normal. Setelah menemukan pilihan, segera rendam biji dengan fungisida selama kurang lebih 24 jam. Hal ini bertujuan agar terhindar dari serangan hama dan penyakit.

Setelah beberapa hari biji semangka akan tumbuh berkecambah.
Setelah media tanam dan bibit siap, selanjutnya adalah menanam tanaman semangka. 

Penanaman dilakukan dengan membuat lubang tanam 2-3 cm lalu masukan 2-3 benih semangka. Lakukan penimbunan benih dengan sisa tanah yang dibuat untuk pengelolaan media tanam. Dan lakukan penyiraman hingga lembab.


Pemeliharaan Tanaman Semangka
Cara menanam semangka tidak lepas dari metode perawatan yang maksimal agar panen tidak mengecewakan. 

Ada beberapa tahapan pemeliharaan tanaman semangka antara lain penyulaman, penyiraman, penyiangan, pemupukan, serta pengendalian hama dan penyakit. 

Penyulaman dilakukan setelah seminggu tanam, gunanya untuk menggantikan tanaman yang sudah mati dengan benih baru. Penyiraman dilakukan 2 kali sehari karena semangka suka daerah lembab. Namun jangan sampai terlalu berlebih air. penyiangan dilakukan dengan membersihkan gulma di sekitar tanaman semangka.

 Untuk mencukupi nutrisi tambahkan pupuk kandang, urea, TSP dan lainnya sesuai takaran. Sedangkan untuk pengendalian hama dilakukan dengan penyemprotan fungisida atau insektisida. Tergantung jenis serangan yang dihadapi tanaman semangka.


Panen Semangka
Tanaman semangka yang sudah tumbuh tinggi sebaiknya dipindahkan pada wadah yang lebih besar dan diberi penyangga sebagai pendukung tumbuhnya yang merambat.

Panen adalah tahap terakhir dari proses menanam semangka. Ada baiknya jika panen dilakukan pada pagi hari saat kondisi tanaman masih segar. 

Caranya, potong tangkai buah dengan pisau atau gunting potong dan sisakan tangkai kurang lebih 3-5 cm dari pangkal buah. Selanjutnya tempatkan buah semangka ditempat sejuk, usahakan tidak ditumpuk. 

Waktu panen sendiri ditemui perbedaan kriteria antar petani daerah satu dengan daerah lain. Hal tersebut karena petani menyesuaikan permintaan pasar. Namun pada umumnya semangka dapat dipanen setelah 2-3 bulan tanam. Buah semangka yang siap panen memiliki ciri-ciri buah membesar, warna mengkilap, tangkai daun sudah mulai layu, serta buah berbunyi berat saat ditepuk.

Demikian ulasan singkat mengenai cara menanam semangka dalam media pot atau polybag. Anda dapat melakukan penanaman untuk kebutuhan sendiri bahkan jika memungkinkan untuk skala produksi. Sehingga dapat menambah penghasilan Anda. Silahksn dicoba ya. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda. (syaf)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menanam Semangka di Pot Bunga"

Post a Comment