Pohon Kelapa Mulai Akar, Batang, Daun dan Buahnya Sangat Bermanfaat Loh



Di Luar Negeri jadi Idola, 
di Indonesia Kurang Diminati

Tokobangudin.blogspot.co.id- Halo sobat, ketemu lagi dengan saya. Anda pasti tahu dong dengan pohon kelapa. Ya kelapa adalah anggota dari keluarga Arecaceae yang merupakan spesies dalam genus Cocos. Pohon kelapa adalah sejenis pohon palem dengan satu batang lurus yang banyak memiliki kegunaan dan fungsi penting sejak zaman prasejarah. Ini adalah salah satu jenis pohon dimana hampir dalam tiap bagiannya memiliki  manfaat, termasuk buah, kayu, akar, dan daunnya. Di banyak tempat, seperti di India Selatan, pohon kelapa banyak dibudidayakan baik di perumahan, maupun diperkebunan-perkebunan. Namun di Indonesia banyak petani kelapa yang beralih profesi menjadi petani kelapa sawit.


kebun kelapa
Kebun kelapa


Seiring berjalannya waktu, pohon kelapa dikenal sebagai pohon kehidupan, pohon ini dapat menghasilkan berbagai macam produk yang berasal dari berbagai bagian-bagiannya, seperti untuk membangun rumah, dekorasi, dan bahkan obat-obatan.

Berikut ini beberapa manfaat yag bisa kita dapatkan dari kelapa:
A. Akar
Manfaat pohon kelapa dari akar sampai pucuk sudah tidak terelakkan lagi, akar kelapa sangat bermanfaat bagi lingkungan hidup. Kelapa memiliki akar yang menyerupai rambut,  dan memiliki sistem akar berserat. Akar kelapa terdiri dari ribuan akar tipis yang tumbuh keluar permukaan tanah dan hanya beberapa dari akar tersebut yang menembus jauh ke dalam tanah. Pohon kelapa menghasilkan akar dari pangkal batang sepanjang hidupnya secara terus menerus dan jumlah akar yang dihasilkan tergantung pada usia pohon dan lingkungan. Ukuran diameter akar kelapa biasanya memiliki kurang dari 3 inci.

Akar kelapa umumnya digunakan dalam berbagai bidang, diantaranya :

    Minuman dan obat-obatan herbal. Akar pohon kelapa dapat dimanfaatkan sebagai pewarna, bahan dasar pembuatan sikat gigi, dan bahan dasar untuk alat pencuci mulut. Selain itu, dengan mengkonsumsi air rebusan akar kelapa yang telah disaring, dapat membantu mengobati berbagai macam gangguan pencernaan seperti diare, disentri, dan masalah pencernaan lainnya. Hal ini juga dapat mengobati gatal-gatal.

    Konstruksi bangunan. Karena memiliki struktur yang cukup kuat, akar pohon kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai penyangga bangunan (cakar ayam).

    Penangkal banjir. Karena mampu menyerap air dalam jumlah yang sangat banyak, akar kelapa juga dipercaya mampu mencegah terjadinya banjir. Hal inilah yang mungkin dijadikan sebagai alasan mengapa pohon kelapa banyak ditanam di pemukiman warga.

    Bahan aneka kerajinan tangan. Sejak zaman dahulu, akar tumbuhan kelapa juga kerap dimanfaatkan sebagai salah satu bahan kerajinan tangan yang bernilai ekonomis, misalnya seperti pembuatan gelang, kalung dan lain-lain.

B. Batang
pohon kelapaBatang pohon kelapa memiliki butiran yang berserat. Ada tiga warna dasar yang berkaitan dengan kepadatan kayunya, yaitu coklat gelap, cokelat medium,dan emas bercahaya. Batang kelapa umumnya memiliki tinggi mencapai 25 mtr dengan diameter berkisar 300 mm. Kandungan silika dalam batang memberikan efek elastisitas pohon.

Batang kelapa memiliki banyak aplikasi, seperti :
1. Sebagai bahan desain struktur dan interior.
Pemanfaatan batang kelapa untuk desain interior terbagi sesuai dengan kualitas kepadatannya, yaitu :

    Batang kelapa yang memiliki kepadatan keras (high-density), cocok untuk struktural umum seperti pilar, gulungan, arung jeram, furniture, jendela, kusen pintu, lantai, decking dan balok lantai.

    Batang kelapa kepadatan menengah dapat digunakan untuk dinding, langit-langit, balok, dan kancing horisontal.

    Batang kelapa dengan kepadatan rendah digunakan dalam aplikasi bantalan non-beban seperti panel kayu, lis internal dan langit-langit, serta peralatan rumah tangga.

2. Sebagai bahan desain eksterior. Batang kelapa juga dapat digunakan untuk aplikasi eksterior bangunan , seperti pintu masuk atau gerbang, layar, dan pintu.

3. Bahan dasar pembuatan kertas. Batang kelapa dapat juga diekstrak untuk pembuatan bubur kertas.


C. DaunKelapa memiliki bagian daun yang merupakan daun tunggal dan menyirip. Berbagai macam kegunaan daun kelapa diantaranya adalah :

    Daun kelapa yang masih muda atau biasa disebut dengan janur, dapat dimanfaatkan untuk berbahai macam hal, seperti bahan anyaman untuk dekorasi sebuah upacara adat, sebagai pembungkus makanan, seperti ketupat, dan lemet.

    Daun kelapa yang sudah tua, bisa digunakan sebagi bahan anyaman untuk pembuatan atap maupun dinding bangunan.

    Daun kelapa yang sudah kering dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan anyaman untuk pembuatan tikar, topi, tas, dan aneka jenis kerajinan tangan lainnya. Selain itu, daun kelapa yang sudah kering dapat juga digunakan sebagai bahan dasar pembuat kertas setelah diekstrak menjadi bubur.

    Batang daun atau biasa disebut lidi, juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alat kebersihan, seperti sapu taman.

    Dan mungkin yang belum kita ketahui, ternyata daun kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai alternative pakan ternak. Daun kelapa merupakan makanan favorite bagi para gajah.

D. BuahKelapa memiliki buah dengan ukuran yang cukup besar dan berbentuk bulat. Diameter buah kelapa bisa mencapai 10 hingga 20 cm, atau bahkan bisa lebih. Buah ini memiliki variasi warna yang berbeda-beda, seperti hijau, kuning, maupun coklat. Buah kelapa kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang kuat. Buah ini tersusun atas tiga element, yaitu :

    Mesokarp yang berupa serat atau bisa disebut dengan sabut yang bertugas untuk melindungi bagian didalamnya.
    Endokarp yang merupakan bagian yang keras atau biasa disebut sebagai batok atau tempurung. Ini memiliki sifat kedap air. Endokarp berfungsi untuk melindungi biji.

    Endospermium yaitu berupa cairan yang banyak mengandung enzim. Seiring dengan bertambahnya usia, hal ini akan mengalami fase padat yang nantinya akan mengendapa pada dinding endokarp.

Masing-masing dari bagian buah kelapa juga memiliki berbagai manfaat seperti :

1. Air kelapaAir di dalam buah kelapa yang masih muda dapat bermanfaat untuk kesehatan kita. Ia dapat memberikan hidrasi yang tepat pada tubuh, pembersihan alami ginjal, dan menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, air kelapa juga dipercaya mampu menyembuhkan luka bakar, menghilangkan jerawat maupun bekasnya, membersihkan air ketuban, mencegah uban dan mencegah dehidrasi. Dibeberapa negara, seperti India, Thailand, dan srilanka, air kelapa dimanfaatkan sebagai bahan campuran pembuatan sup.

Dalam dunia kecantikan, air kelapa juga merupakan bahan yang ideal untuk ditambahkan dalam masker wajah buatan sendiri.


2. Daging buah kelapaTerdapat berbagai macam pemanfaatan daging buah kelapa diantaranya adalah :
    Daging yang masih muda dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan campuran dalam berbagai jenis minuman, seperti es buah. Sedangkan daging yang sudah tua dimanfaatkan sebagai santan dalam berbagai jenis olahan makanan.

    Daging kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki rasa yang menarik yang unik. Ia dapat digunakan sebagai pengganti mentega dalam banyak resep masakan.

    Minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih lebih tinggi dibandingkan dengan minyak seperti manfaat minyak zaitun atau Canola. Asam laurat dalam minyak kelapa diyakini sangat baik untuk kesehatan, ia dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat melindunginya dari berbagai macam penyakit.

    Selain itu, minyak kelapa adalah kondisioner yang bagus untuk rambut juga. Penggunaan minyak kelapa pada rambut bisa membuat rambut kering menjadi lebih lembut dan halus.
    Minyak kelapa juga digunakan untuk memijat bayi. Hal ini diyakini sehat bagi kulit bayi.

3. Cangkang atau tempurung kelapaCangkang keras dari buah kelapa dapat dimanfaatkan sebagai :
    Arang untuk memasak
    Bahan kerajinan seperti ukiran, sendok nasi, gayung, maupun yang lainnya.
    Batok kelapa juga dapat diolah sebagai filter rokok
    Penyerap gas berbahaya
    Memurnikan CO2 hasil fermentasi

4. Sabut kelapa    Sebagai scrubber yang dapat digunakan sebagai pembersih alami untuk membersihkan piring makan, cangkir dan bahkan lantai.

    Sabut kelapa juga digunakan sebagai bahan kerajinan, seperti untuk membuat rambut boneka, jok, bantal, kasur keset, tali dan bahan industri karpet.

    Sebagai pupuk organik cair. Caranya adalah dengan merendam sabut kelapa dalam air selama +/- 15 hari atau sampai air rendaman menjadi hitam. Kandungan kalium klorida dalam air rendaman tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair.

    Sabut kelapa bisa dimanfaatkan sebagai media tanam organik, yaitu dengan cara digiling halus hingga menjadi serbuk.

E. Bunga

Bunga kelapa mulai mekar ketika kelapa berusia sekitar 4 sampai 6 tahun. Bunga-bunga tersebut memiliki warna kuning dan beraroma manis. Bagian bunga tersusun majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea. Dimana terdapat bunga jantan yang terletak jauh dari pangkal dan betina yang terletak di pangkal karangan.

Bagian bunga dari kelapa dapat dimanfaatkan sebagai :

    Hasil fermentasi dari getah bunga kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alkohol dan cuka.
    Sebagai bahan obat-obatan tradisional
    Sebagai bahan kerajinan seperti topi, tas, maupun tali sandal.

Manfaat pohon kelapa dari akar hingga pucuk memang sangat banyak dan sudah menjadi rahasia umum bahwa pohon kelapa menjadi salah satu tanaman yang sangat bermanfaat di bumi ini. Nah setelah megetahui manfaat dari pohon kelapa apakah anda akan tetap mengganti kebun kelapa anda dengan kebun kelapa sawit?. (syaf)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pohon Kelapa Mulai Akar, Batang, Daun dan Buahnya Sangat Bermanfaat Loh "

Post a Comment