Ayo Budidaya Ikan Mas Koi untuk Memperindah Rumah, Juga Bisa Untuk Menambah Penghasilan Anda

Tokobangudin.blogspot.co.id- Halo sobat, ketemu lagi dengan tokobangudin.blogspot.co.id. Anda pasti tahu dong dengan ikan mas koi. Bagi pecinta ikan hias ikan ini merupakan salah satu ikan idola loh. Ternyata Anda bisa kok membudidayakan ikan mas koi ini. Caranya juga cukup gampang. Nah selain untuk melepaskan hobi, dengan membudidayakan ikan mas koi ini anda juga bisa menambah penghasilan anda.

budidaya ikan mas koi di rumah
Ikan mas Koi


Sebelumnya saya ingin menjelaskan bahwa awalnya dudaya ikan mas koi sebagai ikan hias pada mulanya berasal dari Jepang. Sebenarnya ikan koi adalah ikan mas hasil persilangan dari beraneka warna ikan mas(karper). Bertahun-tahun yang lalu, para petani di Niigata Jepang membutuhkan sumber protein selama musim dingin yang panjang.

 Mereka memelihara ikan karper di kolam sampai mereka mencapai ukuran tertentu. Pada akhirnya para petani menyadari bahwa beberapa dari ikan mas tersebut memiliki warna yang berbeda, sehingga mereka terus memelihara dan dibesarkan. Dari situlah awal pembudidayaan ikan koi dimulai sehingga sampai beberapa ratus tahun kemudian mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Seiring berkembangnya budidaya ikan koi, Jenis ikan koi mengalami perkembangan dan pertumbuhan menjadi banyak jenis. Jenis-jenis ini didasarkan pada pola warna koi, sisik dan lain-lain. Pada akhirnya banyak sekali jenis-jenis ikan koi yang disusun dalam klasifikasi ikan koi sebagai identifikasi.

Dalam masing-masing kelas ini ada beberapa sub Kategori yang ragamnya juga cukup banyak. Klasifikasi Ikan Koi yang umum terdiri atas tipe Koi Gosanke, Shiro, Utsurimono, Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromo, Hikarimoyo, Matsuba, dan Kawarimono.

Namun kita saat ini bukan membahas tipr koi melainkan cara membudidayakannya.
Sobat pasti setuju jika mulai dari anak kecil dan orang dewasa sangat suka melihat ikan koi yang berenang-renang dengan warna-warninya yang indah.

Bagi pemilik hunian perlu tahu cara memelihara ikan koi di kolam rumah supaya hewan air ini tetap terawat, sehat dan memancarkan warna kulitnya yang begitu indah.

Tidak perlu mengernyit ketika harus merawat ikan koi karena bergelut dengan ikan koi itu termasuk salah satu hobi yang asyik dan membuat hati menjadi tenang. Ikan koi di kolam rumah akan membuat taman hunian semakin cantik karena berfungsi sebagai ornamen alami.

Ketika tamu datang ke tempat tinggal dengan kolam hias, maka mereka akan merasa senang dan terutama anak-anak yang suka bermain ikan semisal memberikan makanan pelet padanya.


Cara Memelihara Ikan Koi Di Kolam Rumah

1. Sobat harus menerapkan cara membuat kolam ikan koi di dalam rumah dengan kedalaman setidaknya 1 meter, dengan anggapan air diisi kurang dari 70 cm dan sisanya untuk membuat ikan koin tidak bisa loncat ke luar kolam dan juga bisa menjadi pelindung dari hewan predator ikan semisal kucing. Kolam yang cukup kedalamnya bisa menjadi pendingin ketika siang hari yang panas dan juga sebagai penadah air hujan supaya tidak mudah meluap.

2. Kami sarankan supaya sahabat memberikan semacam atap atau bangunan kecil di atas kolam yang akan menjaga kolam terkena sinar matahari secara langsung karena hal itu akan memanaskan air kolam dengan cepat dan juga lumut semakin cepat tumbuh. 

3. Cara memelihara ikan koi selanjutnya Anda bisa menaruh tanaman teratai lili air pada kolam yang akan menjadi payung alami bagi ikan, teratai mempunyai bunga cerah akan memberikan kesan indah pada kolam. Namun jangan sampai kolam di dekatkan dengan pohon besar dengan dedaunan yang mudah rontok semisal jambu, mangga, nangka dan lainnya, karena hal ini akan memperkeruh kolam.


4. Cara budidaya ikan koi bagi pemula yang baik ialah dengan tetap jaga kebersihan kolam dengan cara mengambil daun-daun atau kotoran lain yang ditemukan, apabila daun-daun dan kotoran dibiarkan akan membusuk yang kemungkinan menjadi jamur yang menyerang ikan koi. Budidaya ikan jenis apa pun akan sukses apabila air kolam di rumah tetapi dijaga kebersihannya.

Anda juga harus membuat sistem pengairan yang mengalir pada kolam ikan koi di rumah dan supaya air kaya dengan oksigen bisa membuat air mancur yang pinggir kolam.

5. Kontrol Ph dan kandungan loga terlarut dalam dalam air kolam. Apabila PH terlalu tinggi atau terlalu rendah akan mempengaruhi kesehatan ikan koi. Pada umumnya ikan akan cepat besar dan sehat apabila PH air di antara 4 sampai dengan 7. Kandungan logam terlarut juga perlu diperhatikan, karena bila terlalu banyak logam maka ikan koin tidak sehat dan mudah berpenyakitan.

6. Berikan pakan ikan koin semisal pelet setidaknya 2 kali sehari, pemberian pakan terbaik pada ikan adalah pada waktu pagi hari dan sore hari karena pada saat ini ikan merasakan lapar dan membutuhkan energi dan nutrisi.

Nah itu tips cara memelihara ikan koi di kolam rumah yang bisa dijadikan panduan supaya hewan air ini cepat besar dan supaya mempunyai warna lebih cerah dan indah. Semoga tulisan ini bermanfaat ya. (syaf)


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Ayo Budidaya Ikan Mas Koi untuk Memperindah Rumah, Juga Bisa Untuk Menambah Penghasilan Anda "

  1. Raih Kemenangan Besar Anda Disitus MARIO QQ, Hanya Dengan Modal Rp.10.000 Anda Bisa Menangkan Jackpot Jutaan Rupiah Setiap Harinya !!!

    ✅ BONUS TURN OVER 0.3%
    ✅ BONUS REFFERAL 15%
    ✅ WIN RATE GAME 96,9%
    ✅ 100% PLAYER Vs PLAYER ( NO ROBOT & ADMIN )
    ✅ Minimal Deposit Bank : Rp.10.000 (BCA MANDIRI BNI BRI DANAMON)
    ✅ Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000
    ✅ Support E-Cash : GOPAY , DANA , OVO , LINK

    Berapapun Kemenangan Bosku Pasti Akan Kami Bayar dan Kita Proses Dengan Cepat !!!
    Hanya Disitus MARIO QQ Yang Memberikan JACKPOT dan BONUS TURN OVER Yang FANTASTIS Loh !!! Ayo Tunggu Apalagi Buruan Daftarkan dan Mainkan
    Langsung Disitus Resmi MARIO QQ Dibawah Ini melalui :
    WHATSAPP +62 821-4331-1663

    Link Alternatif :
    - www.marioqq88. club
    - www.marioqq88. org

    ReplyDelete